Saturday 27 February 2016

Keindahan Air Terjun Coban Baung Pasuruan

Air Terjun Coban Baung Pasuruan

Hallo Sobat traveler, weekend gini enaknya kita jalan-jalan ke tempat ijo yang meyegarakan mata sambil basah-basahan. Kalian pernah denger air terjun cobanbaung? Untuk kalian yang berada di sekitaran Pasuruan pasti sudah tidak asing lagi dengan air terjun coban baung. Tapi buat yang dari luar Pasuruan bagaimana? Tenang, gue bakal kasih tau informasi tentang air terjun coban baung ini pada kalian semua sobat traveler.
Gambar dari : www.eastjava.com | Coban Baung dari atas
Air terjun coban baung masuk dalam Taman Wisata Alam (TWA) gunung baung. Tepatnya berada di Desa Cowek, Purwodadi, Kabupaten Pasuruan dengan kordinat -7° 48' 12.96", +112° 44' 45.24". Air terjun coban baung memiliki ketinggian 100m yang merupakan pertemuan dari dua sungai, sungai beji dan sungai welang.

Akses Menuju Air Terjun Coban Baung

Untuk menuju coban baung sangatlah mudah. Untuk sobat traveler yang berasal dari Surabaya, kalian harus menempuh perjalanan selama 90menit dari Surabaya menuju Purwodadi. Nanti sebelum Kebun Raya Purwodadi ada jalan kecil ke kiri, kalian belok ke kiri. Untuk kalian yang naik Bus dari Surabaya, kalian minta turun di Rest Area Purwodadi Disana sudah ada petunjuk jalan menuju air terjun coban baung. Lanjutkan perjalanan sekitar 4km lagi dan kalian akan tiba di parkiran TWA Gunung Baung.
Untuk Sobat Traveler yang dari Malang, Kalian harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit menuju ke arah Purwodadi. Nah seberang POM Bensin Purwodadi ada banner besar yang menunjukan arah ke coban baung. Kalian belok kanan dan ikuti jalan sekitar 4km. Untuk kalian yang naik Bis, bisa turun di Pom Bensin Purwodadi, lalu kalian nyebrang dan menuju Rest Area Purwodadi. Dari sana banyak ojek yang mengantar kalian ke coban baung.
Sesampainya di parkiran, kalian beli tiket masuk terlebih dahulu. Lalu lanjutkan perjalanan menuju coban baung dengan trekking sepanjang 200m kebawah. Trek yang kalian lalui adalah anak tangga dari lapisan batu dan semen. Sobat traveler semua, sepanjang trek menuju air terjun coban baung tidak ada tempat istirahat karena medannya sangat terjal. Sehingga apabila kalian capek, kalian istirahatlah di anak tangga tersebut. Namun ingat, selalulah berbagi jalan dengan pengunjung lain, jangan sampai istirahat kalian mengganggu akses perjalanan pengunjung lain.

Tiket Masuk Coban Baung

Untuk tiket masuk ke Coban Baung sangatlah murah. Hanya 5000 rupiah dan biaya parker sekitar 3000 rupiah untuk mobil dan 2000 rupiah untuk motor. Serta tambahan biaya untuk kamera antara 2-3ribu rupiah.

Fasilitas Yang Tersedia

Sarana dan fasilitas yang sudah mulai dikembangkan di dalam kawasan TWA Gunung Baung antara lain ; Areal Parkir, Loket & Sentra Informasi, Shelter 4 buah & Rest Area, Menara Pandang [tower], Air Bersih & MCK, Listrik & Penerangan, Camp / Penginapan (kapasitas 100 orang), Ruang Pertemuan / Pesanggrahan (kapastias 100 orang), Ruang Makan [kapasitas 100 orang], Kafetaria, KiosSouvenir, Pondok Peneliti, Pos Kesehatan, Jogging Track, Camping Ground,Taman Bermain Anak, serta berbagai Wahana Pendidikan dan Petualangan. 


Cukup lengkap bukan? So, Tunggu apalagi ayo kita ke air terjun coban baung di Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Oh iya sobat, jangan lupa mampir ke Kebun Raya Purwodadi juga ya yang ada disebelahnya. Kalian bisa menikmati berbagai macam flora indah yang ada disana. Sekian Dari gue, sekali lagi gue ingatkan kepada sobat traveler sekalian untuk selalu menjunjung pariwisata lokal dan selalu menjaga kebersihan tempat yang kalian kunjungi. Lets go green lifestyle. Salam Traveler.

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut