Tuesday 23 February 2016

Pendakian tektok Gunung Papandayan 2016

Pendakian Tektok Gunung Papandayan 2016

Hallo sobat travelers semua. Kali ini gue mau bagi-bagi cerita tentang pendakian tektok ke Gunung Papandayan (Lagi!!!). Tapi beda sama cerita-cerita gue sebelumnya, kali ini gue cuma berdua sama partner setia gue si Dimas Galer. Dan kali ini gue jalan tektok. Fyi: Tektok itu perjalanan langsung pulang pergi gitu lah. Jadi asumsinya kalian berangkat subuh dan sore udah turun lagi. So, kita gak pake nginep dan buka tenda. Let's begin the story...

Cerita ini bermula dari si Galer yang udah kangen dengan suasana dan udara gunung. Akhirnya dia ngerencanai trip ke Papandayan dengan ceweknya! inget ya, dengan ceweknya! dia udah cerita rencananya ini ke gue seminggu sebelum keberangkatan. Dia bilang berangkat sabtu dinihari. dan gue sih cuma nyaranin dia buat bawa jas hujan aja, soalnya emang pas minggu kemarinnya gue ke tempat sodara gue di Garut lagi ujan deres banget sejak siang sampai malem. 

Jum'at malam jam 22.00


"Lo jadi pinjem carrier gue nggak?" Tanya gue
"Anjrit, gue gak jadi naik. Si Icha tiba-tiba pundung." Dengan muka sedih campur emosi.
"Hahahahaha. Udah sih lagian juga cuaca mendung dari tadi pagi." Gue coba nenangin meskipun sambil ketawa.
"Udah nyusu ke depan aja lah yok. Puyeng gue." Kata dia

Akhirnya kita nyusu ke depan. Jangan pada ngeres, maksud gue minum susu sapi murni, bukan nyusu yang lain. Ya kita ngobrol santai lah di tempat susu. Tapi muka dia masih aja ditekuk. sebagai teman yang baik dan ngerti perasaan temannya, iseng gue bilang aja "Berangkat ta malam ini, tektok aja. Males gue kalo ngecamp." Tanpa babibu langsung muka dia sumringah. Akhirnya susu dan Roti Bakar gue dibayarin sama dia. keren!!! Jam 2 kita janjian di kontrakan gue sebagai meeting point.

 Sabtu dinihari jam 01.00


"Anjrit si pe'a belom siap-siap" 
"Sabar lah ler masih jam 1 ini, kita berangkat jam 2 kan, kalo bisa jam 3 aja deh." Kata gue yang masih tidur-tiduran sambil streaming youtube.
"Ah t*i lah, ayo buruan berangkat lah. Gue puyeng nih kalo nggak berangkat-berangkat. si Icha bawel banget dah. ayo lah buruan siap2 lo."
"Buset dah sabar ler, setengah jam lagi deh gue masih mager hahaha."
Akhirnya jam 2 tepat gue sama si Galer berangkat juga ke Garut. Gue akuin perjalanan kali ini cuacanyanya dingin banget. Sering kali gue berhenti buat ngilangin dingin. Dan si Galer kebalikannya, dia malah sedang kepanasan. Maksud gue panas emosi gara-gara ceweknya masih ngomel sepanjang perjalanan. Hal itu gue tau dari cerita dia pas ada kejadian ban motor kita bocor. Kata Galer tiap dia mau main pasti diomelin, dan kalo berangkat dengan keadaan kayak gitu, pasti ada aja kendalanya, ya ini salah satunya. Ban meletus.

Nah gue bilang kan, ban meletus adalah satu kejadian gara-gara berantem menurut Galer. Kejadian kedua adalah motor yang gak kuat nanjak, padahal biasanya kuat. akhirnya kita gantian jalan dan saling tunggu dalam perjalanan dari Cisurupan ke Camp David. Cukup ngeri juga sih jalan dengan keadaan sepi hanya sendirian kanan kiri hutan gelap dan tanpa penerangan! Ya gara-gara gue pikir cuma tektok akhirnya kita gak bawa penerangan sama sekali. JANGAN DICONTOH! bawalah semua penerangan kalian kalau mau naik karena itu wajib!

Jam 05.15 gue akhirnya sampai juga di Camp David. Karena tadi udah pemanasan dan kita belom tidur semalaman kita mutusin buat ngasoh di David dulu buat charge tenaga. Dimas pesen indomie rebus sama telor dan gue minum kopi panas sama roti lebih nikmat. Disini kejadian ketiga terjadi. Setelah makan Dimas mendadak mules, dan gue, perut gue panas gara-gara kopi! Damn... Awal pendakian yang buruk. Untung masih di David. Setelah semua mereda jam 6 pagi kita akhirnya start naik. Jalan santai, santai banget sambil ngobrol dan nostalgia, udah 4 bulanan gue nggak kesini. seperti biasa, trek dengan batuan dan sedikit nanjak menyambut. Diujung trek kita disajikan dengan pemandangan yang WOW!!
Awan tebal dilangit dan puncak cikuray yang tertutup awan
Jujur ini awesome banget pemandangannya. Lanjut jalan menyusuri kawah papandayan. Jalan bener-bener santai banget bisa dibilang kita ngesot, karena pelan dan santai banget. Alasan pertama karena menikmati angin yang kenceng dan pemandangan yang indah, kedua karena perut kita berdua masih sama-sama bermasalah hahaha. Ambil nafas sejenak di Kawah Papandayan dan Foto-foto dikit.

Nggak sampai dua menit kita lanjut jalan lagi. Ternyata naik papandayan pagi-pagi gini surga banget. Udah treknya sepi, udaranya masih sejuk, dan yang pasti nggak panas dan nggak bakal kerasa haus. kalian mesti nyoba sobat travelers. Jujur gue kaget banget pas gue nyampai di batas vegetasi kawah sebelum ke lawang angin. Banyak Warung sekarang disini. Ya meskipun pas gue datang masih pada tutup, mungkin karena emang masih pagi banget. Kita sempat bimbang mau lewat hutan mati atau lewat jalur biasa, tapi karena rintik-rintik ujan mulai turun dan takut jalur hutan mati licin, akhirnya kita lewat jalur biasa, Sempat berteduh di Pos 2 (Goberhut) karena hujan datang semakin deras. Sekitar setengah jam kita neduh di Goberhut gara-gara hujan yang tak kunjung henti. Akhirnya jam 8.30an kita sampai di Pondok Saladah. Disini bener-bener msepi banget. Cuma ada sekitar 30an tenda yang sedang ngecamp sejak kemarin malam. Kita langung ke tempat ngambil air dan toilet. Keren kan di gunung ada Toilet dan Mushola, Cuma Papandayan yang begini. Hahahaha.

Nggak buang waktu lama karena memang mumpung nggak ada hujan juga, setelah membuang hajat dan ngisi air, kita lanjut jalan ke hutan mati. Gue pingin banget bikin timelapse di ujung Hutan Mati yang dapet View kawah. Dan kalian bisa tebak, Pemandangan langka gue dapet disana. Kabut turun dengan sangat tebal sobat travelers sekalian.


Tanpa membuang banyak waktu kita langung keluarin kamera dan memanfaatkan moment yang tercipta. Sobat travelers bisa lihat sendiri kan background foto-foto narsis kita, kabutnya tebel banget. Jujur udah 5 kali gue bolak-balik papandayan, tapi baru kali ini gue dapet kabut yang begitu indah. Suasan Hutan Mati terasa semakin mistis. Selain karena kabutnya yang tebal, disana cuma ada kita berdua aja yang naik dan anginnya kenceng banget menerobos pohon-pohon yang sudah menghitam. Foto sepatu gue yang becek bukan berati gue pamer, maksud gue nunjukin bahwa disana memang tiap hari ujan. itu ditandain dari sepatu gue yang banyak lumpur belerang berati treknya becek dan licin. so tetep waspada dan hati-hati ya guys kalo naik.

Jam 09.00 tepat gue akhirnya sampai di Ujung Hutan mati. Mumpung nggak ada rintik hujan yang turun gue langsung prepare kamera buat bikin timelapse. Namun sayang, pemandangan didepan gue masih ada kabut dan anginnya kenceng parah. Tripod yang udah gue set bisa sampai jatuh, untung nggak masuk ke kawah, nyaris! Setelah menunggu sekitar 15 menitan akhirnya terciptalah moment yang pas buat bikin timelapse. Hasilnya nanti bisa kalian nikmatin di video ya sobat travelers.

Oke udah sekitar satujam lebih kita menghabiskan waktu disini, kita memutuskuan untuk lanjut perjalanan ke Tegal Alun. Tapi sekali lagi kalian mesti ingat cerita gue diatas! Nglakuin trip dengan hati yang nggak tenang atau dalam keadaan berantem itu pasti banyak halangannya. Setelah beberapa kejadian di atas, inilah kejadian pamungkas yang membuat trip ini sedikit berantakan. 
Setelah berjalan sekitar 15 menit kearah Tegal Alun, si Galer tiba-tiba menghentikan langkahnya.

"Kunci motor di lo kan?" Tiba-tiba dia bertanya.
"Kagak tuh, bukannya gue kasih lo ya tadi?" Reflek gue langsung membongkar tas mencari kunci motor, begitupun dengan Dimas.
"Wah kayaknya masih lengket di motor. Soalnya gue tadi kan pas nyampai langsung ganti celana." Jawab Gue.
"Kayaknya sih gitu, kalo jatuh nggak mungkin soalnya kita nggak ngeluarin apa2 dari tas." Jawab Dimas.
"Terus gimana, mau lanjut atau Balik nyari kunci?" Sambungnya.
"Mending balik aja sih, daripada kenapa2. perasaan gue nggak enak ler." Saran Gue.
"Tapi sayang kalo balik, ini cuacanya cerah banget padahal." 
"Udah mending balik aja, mungkin emang belom jodohnya kita naik hari ini." Gue sekali lagi meyakinkan si Galer buat balik.

Akhirnya setelah beberapa lama berunding, kita putusin untuk turun aja. dan untuk menyingkat waktu, kita memutuskan turun lewat jalur Hutan Mati. Karena kalau lewat jalur biasa terlalu lama dan harus memutar dulu. Kita turun dengan sedikit berlari namun tetap hati-hati karena jalur Hutan Mati memang terjal dengan kontur trek berbatu, di tambah lagi licin karena hujan beberapa hari kemarin yang mengguyur. Si Galer sampai di Camp David lima menit lebih cepet daripada gue. Gue sempat terpisah karena kehadang sama pasukan emak-emak ketce dan bapak-bapak narsis yang baru naik di sekitar kawah. Jadi jalurnya gantian dan mereka berjumlah sekitar 60orang. Dan sesampainya di David, si Galer udah di pos registrasi ulang. Gue akhirnya nunggu di warung sekat pos situ. Setelah 10 menit menunggu, ternyata benar! Kunci motor kita masih nyangkut di motor. Untung aa yang jaga parkiran baik. Thank You so Much aa. Setelah 20 menitan kita istirahat diwarung kita putuskan untuk turun ke Bandung aja. Soalnya emang udah jam setengah 12 dan meskipun cuaca cerah kita takut nggak nyampai ke atas karena waktunya udah siang. Akhirnya jam 3 sore kita nyampai Bandung lagi dan istirahat.
Video Pendakian Tektok Papandayan

Ya itulah sekilas capter gue sama Dimas Galer yang sedikit failed gara-gara target Tegal Alun gagal akibat kunci ketinggalan. Moral of the Story : Apapun Gunung yang Kalian daki, Kemanapun Trip yang kalian rencanakan, Siapkan segalanya dengan matang dan benar-benar siap. Jangan sampai ada yang ketinggalan dan nanti bisa membuat kalian keteteran diatas. Dan juga satu lagi, Lakukan Trip dengan hati yang tenang dan tanpa beban. Masalah yang seperti di cerita gue bisa menjadi salah satu kendala yang bisa menggagalkan trip atau membuat suasana yang harusnya asik jadi dingin dan kurang seru. Sekian dulu capter gue kali ini. Semoga gue nanti diberikan kesehatan terus dan selalu diberikan rejeki agar bisa traveling dan jalan-jalan lagi :)

Tetep jaga kebersihan tempat yang kalian kunjungi. Kumpulkan dan Bawa kembali sampah kalian lalu buanglah ditempatnya. Tetap canangkan go green lifestyle. Semangat dan Sehat selalu. Salam Sobat Travelers...!

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut