Saturday 27 February 2016

Pesona Keindahan Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Pesona Keindahan Air Terjun Putuk Truno di Kabupaten Pasuruan.

Haloo Sobat Traveler, Setelah gue kasih tau tentang air terjun coban baung di Purwodadi, Kali ini gue bakal kasih tau kalian tentang keindahan air terjun Putuk Truno. Ternyata di Pasuruan ada banyak sekali air terjun yang masih belum terekspose dan masih perawan. Selain dikenal dengan Air terjun kakek bodo dan coban baung, masih ada putuk truno dan yang lainnya yang nggak kalah bagus dari kakek bodo dan coban baung. Mau tau iformasi tentang air terjun Putuk Truno? Simak penjelasan dari gue...
Air Terjun Putuk Truno ini berada di kaki gunung Arjuno dan Welirang. Tepatnya berada di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan dengan kordinat 7° 41' 27.86" S  112° 37' 58.66" E atau lebih tepatnya sekitar 400m setelah Air terjun Kakek Bodo. Putuk Truno memiliki tinggi pancuran air sekitar 45m dan sangat indah. Konon kabarnya, nama Putuk Truno ini diambil dari seorang petapa bernama Truno yang menjelma menjadi ular(Putuk). Maka jadilah nama air terjun ini Putuk Truno.

Gambar dari : indah-haya.blogspot.co.id | Loket Masuk Putuk Truno
Gambar dari : indah-haya.blogspot.co.id | Putuk Truno yang Mempesona

Akses Menuju Putuk Truno 

Untuk Menuju Air Terjun Putuk Truno Sobat Traveler yang dari Arah Malang/Suranaya bisa menuju ke arah Pandaan-Tretes. Lalu ikuti saja petunjuk ke arah Air Terjun Kakek Bodo. Air terjun Putuk Truno ini jaraknya sekitar 400m lagi dari air terjun Kakek Bodo. Atau yang naik kendaraan Umum, kalian bisa turun di terminal Pandaan. Lalu carilah kendaraan yang menuju ke Prigen-Tretes. Sasampainya disana sobat traveler bisa naik ojek sampai pintu masuk air terjun Putuk Truno.

Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno

Tiket masuk air Terjun Putuk Truno Sangatlah murah dan terjangkau. Untuk tiket masuk pengunjung, Sobat Traveler hanya perlu membayar 10ribu rupiah saja. Sedangakan untuk parkir sebesar 2000 bagi roda dua dan 5000 bagi roda empat. Cukup murah dan terjangkau bukan tarif tiket masuk Air Terjun Putuk Truno.


Fasilitas dan Informasi Tambahan

Air Terjun Putuk Truno ini sudah dikelolah oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan sepenuhnya. Sehingga Sobat Traveler akan menikmati pemandangan yang indah dan tempat pariwisata yang bersih. Kebersihan Air Terjun Putuk Truno ini sangat dijaga, jadi mari kita juga membantu menjaga kebersihannya ya. 
Akses menuju air terjun dari loket masuk juga sudha berupa anak tangga yang bagus dan ada pegangan tangga disisi-sisinya. Serta ada tempat untuk duduk-duduk dan Saung/Gazebo untuk beristirahat melepas lelah. Ketika kalian masuk, kalian akan disambut dengan kicauan burung dan kupu-kupu yang berterbangan sepanjang perjalanan. Dan apabila kalian beruntung, kalian akan menemukan Lutung. Primata khas jawa ini kabarnya ada juga di Air Terjun Putuk Truno dan dibiarkan hidup liar disini.

Itulah sekilas informasi tentang Air Terjun Putuk Truno. Jangan lupa mampir apabila Sobat Traveler sedang Berkunjung ke Kabupaten Pasuruan. Atau Apabila Sobat Traveler baru saja turun dari Gunung Welirang via Tretes, kalian bisa singgah sejenak untuk menikmati indahnya Air Terjun Putuk Truno. Terus promosikan pariwisata lokal dan tetap jaga kebersihan tempat yang kalian kunjungi. Salam Traveler

0 komentar:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut