Saturday 23 January 2016

Yogyakarta Kota Kenangan Penuh Kerinduan #1

Sejuta Kenangan dan Kerinduan Di Yogyakarta - Part 1

Liburan kemarin gue nggak pulang karena emang udah niat nggak pulang karena libur yang pendek. Selain itu gue juga lagi ngejar Proyek Akhir biar cepet kelar dan nikah kerja maksud gue hahaha. Gara-gara gue gak balik akhirnya keluarga gue datang ke Bandung. Ntar gue bikin cerita sendiri liburan bareng keluarga di Bandung dan Jakarta. Tapi sayang, masih ada yang kurang lengkap. Sang kekasih nggak dapet ijin buat ikutan ke Bandung. Padahal rindu ini udah di ubun-ubun dan mau pecah hahaha. Setelah ngobrol ngalor ngidul gimana caranya biar bisa ketemu dan melepas rindu akhirnya ada keputusan bijak yang kita ambil. Kita ketemuan di Jogja. Yeeeeeeeeeee, Jogja lagi. Kota dengan sejuta keindahan alam dan kearifan budaya lokal yang kali ini bakal gue lewatin bareng doi. hehehe

Efek libur panjang natal dan tahun baru kemarin berimbas pada gue yang kesusahan cari tiket buat ke Jogja. Tiket bis yang biasanya murah kini jadi mahal, Budiman Bandung-Jogja yang bisanya 120 naik jadi 150. Tiket murah kereta pun sudah sold out. Nyaris gue nekat bawa motor gara-gara gak dapet tiket murah, sedangkan si doi udah ngantongin tiket PP Jogja-Pasuruan. Supaya doi tenang tiap kali doi tanya tiket gue selalu jawab tenang aja udah dapet, biar doi gak panik hehehe.

Selasa, 5 Januari 2016
Entah ini rejeki anak soleh atau emang kebetulan, pagi itu gue iseng cek website PT.KAI ternyata tiket kereta Pasundan yang sebelumnya habis kini tersisa 1 kursi. Namun sayang gak bisa di pesan online melalui website. Gak pikir panjang jam 7 pagi gue langsung cabut ke stasiun Kiaracondong. Padahal loket stasiun baru buka jam 9 pagi. Diperjalanan menuju stasiun gue kejebak macet di bawah flyover Kiaracondong. Bener-bener stuck dan gak bisa jalan. Gue buka hp sambil balesin line doi biar doi gak curiga hehehe. Gue baru keinget ada aplikasi PT.KAI di hp gue. Sambil nunggu macet gue iseng buka dan coba cek siapa tau bisa pesen lewat aplikasinya. Setelah gue cek.... dan ternyata... Akhirnya bisa, Yeeeeeeeeee......!!!!!!

Kali ini gue percaya itu namanya rejeki anak soleh hahaha. Setelah bisa, gue langsung cari atm terdekat buat bayar tiket yang udah gue pesen pulang pergi. Akhirnya gue bisa berangkat ke Jogja dengan murah dan ketemu sang kekasih yang dirindukan hehehe. Sampai di titik ini gue mencoba biasa aja dan tetep menanamkan mainset ke doi bahwa gue berangkat naik bis hehehe. Maafin gue ya ndud, yang penting kan ketemu hehehe. Balik ke kosan gue langsung belanja cemilan dan packing. Entah kenapa hari itu gue pingin buru-buru tidur dan bangun esok hari buat berangkat. Namun keinginan itu harus terbentur karena sore harinya gue harus nganter nenek gue yang mau balik ke Pasuruan setelah liburan disini. Sebagai cucu yang baik dan berbakti hehehe.

Rabu, 6 Januari 2016
Jam 3 pagi gue udah kebangun. Gue langsung siap-siap dan mandi karena kereta gue berangkat jam 05.20. Satu jam kemudian gue udah siap, gue langsung hubungin si Dimas yang katanya bisa nganter gue ke stasiun. Setengah jam gue telpon, line, bbm dan semua sosial media lainnya tapi gak ada respon. Sedangkan jam udah nunjukin pukul 04.30. Akhirnya biar tenang gue sholat subuh dulu. Jam 04.45 gue coba opsi lain buat hubungi temen gue si Yogi. Alhamdulillah si Yogi fast respon dan bisa nganter gue. Thanks om Yog, sorry gak bawain lo oleh-oleh hehehe. Jam 05.20 kereta gue berangkat menuju Jogja. See you bandung I'm coming Jogja, Wait me Honey... hehehe

Sepanjang perjalanan gue lebih banyak tidur, meskipun sesekali terbangun. Namu tepat jam 11 gue bener-bener bangun dan gak bisa tidur lagi. AC di gerbong gue mendadak mati dan panas sekali. Dan gue harus bertahan di kondisi ini sampai nanti jam 14.30. Gue lebih sering ke sambungan/borders karena disini banyak angin masuk meskipun pintu ditutup. Saran buat PT.KAI mohon ada peremajaan di sarana dan prasarana perkeretaapian agar semua konsumen puas hehehe.

Jam 14.35 gue nyampai di Jogja. Sedangkan doi baru berangkat dari pasuruan jam 12 siang dan nyampai Jogja jam 19.30. Sampai di stasiun lempuyangan gue langsung keluar dan cari makan angkringan di depan stasiun lempuyangan. Sumpah ini recomend banget, enak dan murah banget guys. Gue jamin 10ribu udah kenyang plus es teh manisnya.
Gambar by : www(dot)beingindonesian(dot)com | Pas gue kesana bapaknya udah tua, tapi emang ini angkringanya
Setelah makan dan istirahat sebentar di Angkringan gue memutuskan untuk nunggu doi di hotel. Dan disini gue mau jujur lagi, sebeneranya sampai gue menginjakan kaki di Jogja gue belom dapat hotel hehehe. Dan seperti biasa selalu gue bilang tenang aja ke doi biar doi tenang dan gak panik hehehe. Tips dari gue buat kalian yang mau backpackeran, begitu turun stasiun Lempuyangan lebih baik jalan ke daerah Malioboro. Jalan kaki rutenya gampang. Keluar stasiun Lempuyangan kalian ambil kanan, setelah itu kalian lurus aja sampai mentok ketemu pertigaan kalo belok ke kanan kalian nyebrang rel. Nah disitu jangan belok kanan, kalian belok kiri masuk Jl. Tukangan. Jalan lagi sekitar 50 meteran ada gang ke kanan. Kalian masuk gang itu terus aja jalan lurus. Nanti kalian bakal keluar di bawah jalan layang kereta api. Dari situ kalian belok kiri dan ikuti jalan aja, udah jelas petunjuk jalan ke Malioboronya. Jaraknya sekitar 1,5-2km dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit dengan jalan santi sambil minum es kelapa muda hehehehe.
Ikutin aja titik-titik biru :)
Nah setelah jalan kaki dari Lempuyangan sambil minum es kelapa muda akhirnya saya sampai juga di Malioboro jam 15.30. Sesampainya disana saya langsung masuk ke gang Sosrowijayan. Disini tempatnya hotel-hotel murah yang terjangkau para backpacker. Tujuan pertama saya adalah Hotel Indonesia. Hotel ini nomer telponnya banyak tersebar di internet, namun sayang mereka tidak menerima booking. Jadi harus on the spot langsung. Dan ketika saya kesana kamar sudah penuh, Mampusss! Tarik nafas dan tenang.

Kesempatan kedua saya langsung masuk Hotel Kartika (Depan Hotel Indonesia). Dan rejeki anak sholeh lagi, kamarnya masih kosong hehehe. Disini ada tiga pilihan kamar, standart fan kamar mandi luar 85ribu, standart fan kamar mandi dalam 125ribu, standart fan tv kamar mandi dalam 150ribu. Saya memutuskan untuk memilih standart fan kamar mandi dalam, mengingat si doi cewek dan biar lebih nyaman dengan kamar mandi dalam. Gue sih udah 3 kali ke Jogja dengan rincian 2 kali backpackeran dan sekali bareng keluarga. Hotel Kartika Jogja ini recomend buat kalian, rate harganya gak begitu mahal, kamarnya nyaman, dan Bu Yanti yang punya juga friendly banget. Ada dapur yang bisa kalian gunakan bersama, kalian bisa bikin teh panas atau kopi, semuanya udah disediain tinggal bikin sendiri. Gue langsung pesen 2 malam di Hotel Kartika ini karena gue cocok. namun Bu Yanti ngelarang gue, karena si doi belom tau kamarnya dan takut nggak cocok. Akhirnya diambil jalan tengah, gue disuruh bayar sehari dulu tapi di buku tamunya ditulis dua hari, jadi kalau nggak cocok di hari kedua bibolehin nyari hotel lain tanpa charge buat pembatalan. Nice hehehe.
pict by : www(dot)indonesia-portal(dot)de | Hotel Kartika
Setelah gue masuk kamar gue langsung mandi karena memang Jogja saat itu panas banget. Itulah alasan gue kenapa tadi jalan sambil minum es kelapa muda hehehe. Habis mandi gue rebahan di kasur sambil ngelurusin kaki yang sedari tadi ditekuk. Sambil sesekali ngontrol si doi udah sampai mana. Gak lama setelah itu gue ketiduran hehehe. Gue kebangun jam setengah 6 sebelum maghrib. Gue akhirnya mencoba menyibukan diri dengan straming youtube dan cari info tempat hits di Jogja. Jam setengah 7 doi bilang udah sampai Sragen, doi gue pesenin kalau udah sampai Klaten kabarin lagi. Gue akhirnya memutuskan buat keluar hotel dan jalan-jalan disekitar Malioboro yang menurut gue lumayan sepi sore itu. Gue jalan-jalan sampai ke ujung jalan Malioboro, sempat duduk di dekat Benteng Vredeburg sampai akhirnya jam setengah 8 doi nge-line gue katanya udah sampai Klaten. Gue langsung pesen Gojek, males jalan kaki lagi ke Lempuyangan hehehe. Lima menit kemudian Gojek pesenan gue datang dan langsung berangkat ke Lempuyangan. Gue nunggu doi luamayan lama, sekitar 15 menitan. Dan akhirnya doi sampai juga. Kalian tau, apa yang gue dapat saat pertama bertemu, cubitan manja di perut dan lengan yang bikin gue kangen kalo gak ketemu hehehe.

Gue sempat nawarin mau cari makan dulu atau mau langsung ke hotel? Doi pilih langsung ke Hotel aja, soalnya doi capek banget dan keretanya telat gara-gara gerbongnya bermasalah pas di Surabaya tadi. Oh iya, lo tau nggak apa yang bikin gue sayang ke dia? Dia mau di ajak susah guys, jaman sekarang cari cewek yang cakep dan mau diajak susah itu bagaikan nyari jarum di tumpukan jerami hehehe. Gue ajak dia jalan kaki dari Lempuyangan ke hotel di Malioboro. Yang keren, nggak ada penolakan sama sekali dari doi pas gue ajak jalan meskipun doi pake wedges. Alibi biar bisa hemat dan ngerasain backpacker sebenernya, Padahal gue pingin nge tes doi bener-bener bisa nggak gue ajakin susah. Dan doi lulus tes gue, calon istriable banget emang hahahaha. Sorry ya ndud :)

Sampai di hotel jam 21.00 doi langsung rebahan di kasur. Jangan mikir macem-macem loh guys, kita emang sekamar tapi kasur kita pisah. Kita sekamar biar hemat biaya akomodasi aja hehehe. Gue langsung tanya ke doi pingin kemana habis ini. Doi hanya jawab pingin tidur hehe. Kasian emang keliatan capek banget doi. Akhirnya setelah doi bersih-bersih badan gue ajak buat makan dulu sebelum tidur, karena memang setelah gue tanya doi belom makan. Karena doi udah capek tapi laper, akhirnya doi gue ajakin makan nasi goreng dan bakmi de dekat Gang Sosrowijayan. Nasi dan bakminya enak gan, doi sampai habis sepiring padah biasanya gak pernah habis kalau makan. Harganya juga standart sih, 12ribuan/porsi plus teh manis panas 3000 dan jeruk panas 4000. Ini nih nasi goreng dan bakmi lokasinya pas banget pertama kali lo masuk Jalan Sosrowijayan dari arah Malioboro, di sebelah kanan deket gang, sebelahan sama angkringan. Sorry gue gak punya fotonya, gue cari di mbah google juga gak nemu. hehehe. Akhirnya setelah makan kita putusin buat istirahat aja, soalnya emang gak efektif juga kalo mau jalan malam ini. Sealin capek kita juga masih belom nyewa motor. Sesampainya di Hotel kita langsung siap-siap buat tidur.

(Bersambung ya....)

Gue mau tidur dulu, besok gue sambung dan gue janji bakal lebih banyak dokumentasinya. hehehe. Hari itu ditutup dengan istirahat di hotel untuk ngumpulin tenaga. Supaya besok kita siap eksplore Jogja dan ke tempat-tempat hits di Jogja. Tunggu updatean gue besok ya guys. Tetep jaga kebersihan dan budayakan go green lifestyle :). Bye, Salam.