Thursday 25 February 2016

Perlengkapan Mendaki Gunung Wajib Untuk Pemula

Perlengkapan Mendaki Gunung Wajib Untuk Pemula

Ilustrasi Perlengkapan Mendaki Gunung

Halo sobat travelers sekalian, bagaimana kabar kalian? Semoga kalian tetap sehat ya. Akhir-akhir ini gue sering banget bikin artikel tentang mendaki gunung. Dan akhir-akhir ini banyak sekali pendaki-pendaki pemula yang mencoba mendaki sebuah gunung. Bukannya gue nggak suka, semua orang mempunyai haknya masing-masing untuk mendaki gunung. Namun alangkah baiknya jika para pendaki memiliki pengetahuan dasar tentang mendaki gunung. Karena sebenarnya mendaki gunung itu bukan hanya untuk mengejar indahnya pemandangan, puncak dan keren semata. Tapi banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari setiap pendakian yang kita lalui. Nah kali ini gue mencoba untuk sharing perlengkapan dan peralatan mendaki gunung apa saja yang wajib dibawa saat mendaki. Ada beberapa peralatan wajib yang harus dibawa oleh pendaki, diantaranya



  • Pakaian Outdoor

    Nah, pakaian outdoor sendiri adalah kelas globalnya. Untuk spesifikasinya ada beberapa item lagi. Yang pertama adalah kaos, Kaos usahakan adalah kaos yang mudah menyerap keringat dan cukup hangat ketika dingin dan cukup nyaman biasanya berbahan katun/cotton. Lalu Celana outdoor, usahakan menggunakan celana khusus outdoor. Banyak dijual di toko-toko outdoor. Atau celana berjenis cargo untuk survival dan bisa juga training. Sangat tidak disarankan menggunakan celana jeans. Lalu Jacket Outdoor, ada banyak pilihan dan jenis jaket outdoor ini. Minimal gunakan jaket yang bermodel windprof atau lebih baik yang waterproof, namun harganya cukup mahal. Dan beberapa alternatif tambahan seperti manset, buff, kupluk, dll.


  • Footwear/Sandal

    Ini tak kalah pentingnya dan harus serta wajib hukumnya! Gunakan Footwear(Sepatu)/Sandal outdoor. Banyak sekali dijual dipasaran baik harga yang murah sampai mahal. Dari merk lokal sampai luar, baik itu original ataupun KW. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan salah satunya. Usahakan pilih sepatu yang menutupi mata kaki dan nyaman, hal ini untuk meminimalisir cidera pada kita.


  • Tas Carrier / Daypack

    Untuk tas gunung sendiri sebagian besar orang memakai tas carrier untuk mendaki. Dan memang benar, tas carrier inilah yang dianjurkan untuk semua pendaki karena memang bisa mengakomodasi semua bawaan pendaki. Namun apabila kita tidak cukup mampu untuk membeli carrier, kita bisa memulainya dengan membeli tas daypack. Sekarang juga sudah banyak Daypack murah dengan kapasitas sedang mulai dari 35-50liter. Menurut gue itu juga udah cukup untuk perjalanan pendakian singkat atau yang hanya memakan waktu semalam saja. Namun apabila masih belum mampu untuk membeli keduanya, silahkan pinjam/rental. Sekarang sudah banyak tempat rental peralatan mendaki gunung.


  • Tenda

    Tenda adalah tempat kita untuk berlindung dan beristirahat. Kita wajib menyiapkan ini. Pilihlah tenda yang menggunakan double layer agar istirahat kalian nyaman. Namun apabila kalian hanya memiliki yang single layer sebenarnya tidak masalah, namun tetap pastikan keadaan tenda kalian masih bagus dan layak. Kalian bisa juga menmbahkan flysheet untuk lapisan tendanya.


  • Sleeping Bag dan Matras

    Sleeping bag dan matras ini juga wajib dibawa oleh kalian. Matras untuk alas kalian di dalam tenda supaya lebih hangat. Ditambah sleeping bag agar tidur kalian lebih nyaman. Ingat, cuaca digunung sering berubah-ubah dan Dingin sekali. Jangan sekali-kali meremehkan dan menanatang alam ya sobat traveler sekalian.


  • Peralatan Masak dan Makan

    Peralatan Masak dan Makan ini juga wajib dibawa untuk mengolah perbekalan kalian. Bawa kompor portable baik itu yang berbahan parafih, gas kaleng, ataupun spirtus. Dan juga nesting atau cooking set yang banyak dijual di toko outdoor ataupun disewakan. Lalu sendok,garpu,pisau lipat,piring,gelas, ataupun menggunakan kertas pembungkus nasi.


  • Survival dan Medical Kit

    Ini juga tak kalah pentingnya dari beberapa peralatan di atas. Banyak pendaki yang menyepelekan perlengkapan ini. Contohnya kompas, Navigasi berupa GPS atau petunuk arah lainnya, Benang dan Jarum dan lain sebagainya. Serta obat-obat pribadi kalian jika kalian mempunyai riwayat penyakit yang seawktu-waktu bisa kambuh. Jangan sekali-kali meremehkan survical dan Medical Kit sobat traveler semuanya. Jangan sombong tidak akan terjadi apa-apa. berpikiran positif memang wajib, tapi lawan kita alam. Kita tidak bisa main-main dengan alam yang gampang berubah dan tidak menentu, so keep safety first ya sobat.


  • Penerangan dan Perapian

    Penerangan dan perapian yang gue maksud disini adalah senter/headlamp dan perapian yang gue maksud adalah korek. Ingat, selalu siapkan batere cadangan untuk senter/headlamp kalian. Dan juga korek cadangan dan simpan di tempat yang aman dalam carrier kalian. Tujuannya untuk mengantisipasi apabila hujan dan basah.


  • Raincoat/Jas Hujan

    Nah ini juga wajib dibawa terutama saat musin hujan seperti ini. Usahakan jangan sampai kalian basah kuyup karena kehujanan sebab itu bisa membuat kalian kedinginan. Sangat bahaya apabila kalian kedinginan di gunung, kalian bisa terserang hipotermia.


  • Perbekalan Makanan dan Minuman

    Ini adalah sumber tenaga kalian selama mendaki. Usahakan perbekalan kalian cukup untuk pendakian, kalau bisa dilebihkan. Jangan hanya membawa mie instan untuk mendaki gunung. Bawalah makanan pokok seperti nasi, sayur, dan lauk pauk yang simple. Kalian juga bisa membawa roti dan snack untuk camilan. Ingat, digunung nggak ada warung yang bisa delivery makanan untuk kalian. Jadi atur segala perbekalan kalian selama mendaki.


  • Perlengkapan pribadi dan alat kebersihan

    Bawalah baju ganti yang cukup dan simpanlah dengan aman sehingga tidak basah apabila kalian terpaksa kehujanan. Dan yang paling penting adalah alat kebersihan. Yang gue maksud adalah kantong plastik/trashbag untuk sampah kalian. Bawalah turun kembali sampah-sampah kalian. Kalian tentu ngaak mau kan gunung tempat kalian main jadi kotor dan penuh sampah sehingga merusak kelestarian ekosistem yang ada disana. Ingat, ini jangan disepelehkan, kecil tapi wajib hukumnya!


  • Itulah beberapa perlengkapan mendaki gunung yang wajib kalian siapkan sebelum kalian melakukan perjalanan. Ingat, sekali lagi jangan sombong dan merasa mampu untuk menaklukan sebuah gunung. Lawan kalian adalah alam yang susah diprediksi. Kita tidak akan tau apa yang akan kita alami nantinya disana. Selain itu siapkan fisik dan mental kalian sebelum kalian melakukan pendakian, itu Sangatlah penting.
    Dan pesan terakhir dari gue untuk sobat traveler semuanya, pegang erat prinsip para pendaki. "Jangan ambil apapun kecuali foto, Jangan Bunuh apapun kecuali waktu, dan Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki." Sekian dari gue, ada kurang lebihnya tentang tips ini gue minta maaf. Keep clean and Go Green lifestyle. Salam Sobat Traveler.

    2 comments:

    resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut